Baca artikel detikjatim, "Hari Kartini, Disbudpar Jatim Gelar Famtrip Wisata Bareng Ojol Perempuan

  • Selasa, 23 April 2024 - 08:08:57 WIB
  • Administrator

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur (Disbudpar Jatim) menyelenggarakan kegiatan Famtrip (Familirization Trip) pengenenalan daya tarik wisata di Jawa Timur. Uniknya, dalam Famtrip ini, Disbudpar Jatim mengajak puluhan pengemudi ojek online (ojol) perempuan.
Istri Pj Gubernur Jatim, Isye Adhy Karyono yang turut hadir mendampingi para ojol perempuan mengapresiasi kegiatan yang digelar Disbudpar Jatim ini.

"Kegiatan 'Healing Bersama Kartiniku' ini sebuah kegiatan peringatan hari kartini yang berbeda dengan biasanya. Disajikan dengan bentuk kegiatan rekreasi untuk para pahlawan keluarga," kata Isye dalam keterangannya, Selasa (23/4/2024).

Sementara Kadisbudpar Jatim Evy Avianasari menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemprov untuk meningkatkan apresiasi terhadap kontribusi perempuan dalam industri transportasi online dan pariwisata. Famtrip ini mengambil tagline 'Healing untuk Kartiniku' #diJatimAja.

"Famtrip ini dirancang untuk mengajak para peserta menjelajahi keindahan Jatim dengan fasilitas tiket masuk gratis dan berbagai macam fasilitas wisata yang diperoleh dari kerjasama dengan pengelola deatinasi wisata," kata Evy.


Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pengemudi ojol perempuan untuk terus berkarya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan ekonomi di Jatim.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Disbudpar Jatim, Dishub Jatim, Dinsos Jatim, DP3AK Jatim, PT Grab Indonesia, Baznas Jatim, Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia, Catering Ibu, Golden Hill by Golden Tulip, The Onsen Spring Resort, Florawisata San Terra de Laponte dan Bolu Singosari

Rangkaian acara famtrip sendiri dimulai dari seremonial pemberangkatan di Disbudpar Jatim. Kemudian kunjungan ke Florawisata San Terra de Laponte, Batu. Lalu singgah makan siang di Golden Hill by Golden Tulip.

Selanjutnya para ojol perempuan relaksasi di Onsen. Healing ojol perempuan ini diakhiri di kunjungan di Bolu Singosari dan kembali menuju Surabaya.

Selain Isye Adhi Karyono, turut hadir dalam acara ini ibu-ibu PKK Jawa Timur dan istri Pj Wali Kota Batu, Dwi Mardiana Aries Agung.