Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola PIK-R, Mitra dan Organisasi Kemasyarakatan dalam Pencegahan Perkawinan Anak dan Stunting di Kab Jember

  • Kamis, 2 Juni 2022 - 10:44:43 WIB
  • Administrator

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola PIK-R, Mitra dan Organisasi Kemasyarakatan dalam Pencegahan Perkawinan Anak dan Stunting di Hotel Luminor Jember yang dilaksanakan secara hybrid diikuti oleh 60 orang peserta yang hadir secara offline dari unsur kader remaja pengelola PIK-R, Pramuka Saka Kencana, Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Insan GenRe, Fatayat NU, Muslimat dan Tim Penggerak PKK Kab. Jember. Serta diikuti oleh 300 orang peserta melalui zoom meeting dan 100 orang melalui youtube DP3AK.

Maksud dan tujuan Workshop  adalah untuk memberikan pemahaman dan pelibatan para remaja dalam Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Generasi Berencana (GenRe) sebagai upaya peningkatan kesadaran dan internalisasi nilai dalam pengendalian penduduk dan keluarga berencana, pencegahan perkawinan anak dan prevalensi stunting. Kegiatan ini juga  bertujuan untuk mencegah perkawinan anak di sisi hulu dengan membekali peserta pengetahuan tentang dampak jangka panjang perkawinan anak dan stunting sehingga perlu dimitigasi dari awal agar kasus perkawinan anak dan stunting bisa diminimalisir.

Pengelolaan pelaksanaan desain program pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga merupakan usaha memitigasi kerentanan ketahanan keluarga di sisi hulunya. Kegiatan ini berupaya memberikan pemahaman kepada para remaja dan kader-kader kelompok kegiatan, organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan para remaja untuk meningkatkan kemampuannya dalam penyiapan perencanaan kehidupan berumah tangga. Dengan meningkatnya kapasitas seluruh remaja dalam merencanakan kehidupan diharapkan akan tercipta keluarga yang berkualitas bahagia sejahtera mawadah warahmah toyibun gofur.

Sebagai bentuk apresiasi serta untuk memotivasi kepada peserta baik yang mengikuti secara offline maupun online, selain mendapat sertifikat diakhir kegiatan panitia mengumumkan dan memberikan souvenir cantik bagi 7 orang peserta yang aktif dan memberi respon tercepat serta nilai tertinggi dalam mengisi pertanyaan yang dibagikan bersamaan dalam link daftar hadir.