Dinner di Atas Kapal Perang India, Pj. Gubernur Adhy Ajak Pererat Hubungan dan Kerja Sama Investasi

  • Kamis, 29 Agustus 2024 - 22:21:30 WIB
  • Administrator

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri acara jamuan makan malam di atas geladak Kapal Perang India INS Shivalik yang tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (29/08) malam.

Kedatangan Pj. Gubernur Adhy disambut langsung oleh Kapten Kapal Perang INS Shivalik, Prashanth Monahan serta tarian Bhangra khas India. Dalam kesempatan ini, ia pun berharap kedatangan para prajurit dan kru kapal perang INS Shivalik dapat membawa kebermanfaatan berarti.

"Selamat datang dan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak bagi kapten dan awak Indian Naval Ship. Semoga kedatangannya ke sini dapat membawa manfaat bagi Jatim maupun India," ujarnya.

Pj. Gubernur Adhy juga menyampaikan, jamuan makan kali ini merupakan kesempatan untuk menikmati hidangan khas India. Ada nasi India atau kesar pulao, fish amritasri, prawins goan curry, crispy bhindi, missi roti dan mutter paneer badami. 

Namun lebih dari itu, jamuan makan malam yang juga dihadiri oleh Duta Besar India untuk Republik Indonesia dan Timor Leste, H.E. Sandeep Chakravorty, Kaskoarmada II Laksma TNI Isswanto dan Seklem AAL Laksma TNI Weningtyas Alindri ini sebagai simbol keakraban hubungan bilateral antara India dan Jatim. 

"Ini bukti bahwa hubungan kami dengan India terjalin dengan baik. Satu hari dua acara, siang tadi lunch di Grahadi, dan malam ini kita dinner di Kapal Perang India," ungkapnya.

Sementara terkait hubungan diplomatik,  Adhy menyebut bahwa India banyak berinvestasi di Jatim. Beberapa sektor investasi India di Bumi Majapahit di antaranya pada sektor besi, baja dan kayu.

"Ke depan akan ada kerjasama di bidang pertanian khususnya untuk bibit Jagung," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Kapal Perang INS Shivalik, Prashanth Monahan menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah bersedia menerima kedatangan mereka. 

"Terima kasih atas sambutan yang ramah serta dukungan fasilitas sehingga kapal INS Shivalik dapat bersandar dengan aman di Pelabuhan Tanjung perak," katanya. 

Kapten Prashanth menambahkan,  kunjungan mereka di Surabaya bertujuan untuk melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan Atase pertahanan India.

"Semoga kunjungan kami juga dapat memperkuat kerja sama antara kedua angkatan laut baik India maupun Indonesia," pungkasnya.