SAPA DP3AK Jatim Segera Diluncurkan

  • Selasa, 18 Januari 2022 - 10:42:29 WIB
  • Administrator

Surabaya, InfoPublik - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, akan meluncurkan Inovasi Semangat Pagi DP3AK atau disebut SAPA DP3AK Jatim.

Ini merupakan inovasi DP3AK dalam upaya tangkas tuntas mengatasi masalah Perempuan & Anak melalui webinar atau program youtube. Peluncuran direncanakan pada Februari, yang nantinya dibalut dengan nama SAPA DP3AK "Tangkas Tuntas" atasi Masalah Perempuan Anak Keluarga dan Kependudukan.

Kepala DP3AK Jatim,  Restu Novi Widiani, Senin (17/1/2022) mengatakan, melihat perkembangan permasalahan perempuan dan anak yang semakin marak terutama kekerasan, pihaknya memerlukan upaya sosialisasi tentang siapa itu DP3AK dan tupoksinya. Karena banyak sekali yang belum mengenal DP3AK, bahkan masih sering dipandang belum banyak kontribusi dalam pembangunan.

Dikatakan Restu Novi, DP3AK ingin memberikan keterbukaan dan informasi publik kepada masyarakat, pemerintah maupun stakeholder tentang program dan kegiatan. Antara lain, tentang gender, pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak, perlindungan anak, pengendalian penduduk, Keluaga Berencana maupun pelayanan catatan sipil dan kependudukan

DP3AK, kata Retsu Novi, telah banyak memberikan intervensi berupa sosialisasi, pelatihan, pelayanan maupun pemulihan baik kepada perempuan, anak, maupun keluarga, serta kaum rentan lainnya. Hal ini terutama yang mengalami kekerasan atau perlakuan tidak adil.

Upaya ini juga sudah banyak didukung stakeholder terkait seperti lembaga-lembaga masyarakat yang konsen dalam perlindungan perempuan dan anak.

SAPA DP3AK dikonsep sebagai acara dengan tujuan memintarkan atau memberikan pemahaman kepada masyakat, Pemerintah Prov dan kab-kota, juga stakeholder dengan informasi-informasi yang menarik dan update.

Adapun kegiatan dilakukan secara live (webinar) atau rekaman (youtube) tentang program, kegiatan, pelayanan dan uptdating berita/ respon terhadap dukungan/prioritas Gubernur Jawa Timur terutama berkaitan dengan IPG, IDG, penurunan Stunting, Penurunan perkawinan Anak. Penurunan Kekerasan terhadap perempuan dan anak, Indeks Perlindungan Anak (IPA), Indeks Pengarusutamaan Gender (IPUG), Kualitas Keluarga dan Pelayanan Dukcapil dan lainnya.

Acara ini berupa komunikasi dua arah dengan sasaran dan narasumber durasi 45 –60 menit dengan materi dari bidang-bidang bergantian seminggu sekali yang dijadwalkan secara bergantian antar bidang dan juga menhadirkan narasumber tertentu jika diperlukan.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-her)

 

Sumber:

  • InfoPublik - infopublik.id