DP3AK Jatim Gelar Forum Diskusi Penguatan Indeks Pembangunan Gender di Pamekasan

  • Kamis, 9 Maret 2023 - 15:18:02 WIB
  • Administrator

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur (DP3AK) mengadakan Pertemuan Penguatan Indeks Pembangunan Gender Melalui Pengarusutamaan Gender (PUG) Kab/Kota Di Bakorwil Pamekasan, Rabu (8/3/2023).

Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3AK Jatim, One Widyawati, yang membacakan sambutan Kadis DP3AK Jatim, Restu Novi Widiani, mengatakan, pada Undang-Undang No.23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, disebutkan bahwa urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, menjadi kewenangan pemerintah daerah. Adapun indikator capaian kinerja dalam urusan tersebut, yakni Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG). 

Dikatakannya, capaian kinerja Provinsi Jatim untuk IPG meningkat, walaupun masih dianggap belum optimal, yaitu dari 91,06 tahun 2020 menjadi 91,36 tahun 2021. Sedangkan IDG menurun dari 73,03  tahun 2020 menjadi 72,36  tahun 2021.  

Menruutnya, di kabupaten kota walau tidak semua RPJMD mencantumkan IPG, namun IPG tetap menjadi bahan evaluasi kinerja kesetaraan gender dan IDG sebagai indikator kinerja kesetaraan gender yang merupakan urusan daerah.

"Capaian belum optimal akan menjadi perhatian kita semua, terlebih lagi gender equality/kesetaraan gender merupakan goals  ke-5 dalam Sustainable Development Goal’s (SDGs). Berkaitan dengan hal tersebut, utamanya di wilayah Bakorwil Pamekasan perlu diadakan fokus grup diskusi membahas permasalahan yang mendasari capaian kinerja tersebut," katanya.

Oleh karenanya, diharapkan diskusi ini akan menjadi landasan bagi para perserta atau daerah untuk memahami PUG dan indikator pencapaiannya, serta cara pengumpulan datanya dari BPS.

Selain itu juga diharapkan pemerintah daerah bisa mengetahui data-data yang dipakai untuk menghitung indikator tersebut serta permasalahan dan faktor-faktor penyebab rendahnya capaian, menyusun rencana tindak lanjut untuk peningkatan capaian indikator tersebut, dan memberikan masukan/usulan kebijakan bagi pemerintah pusat maupun daerah.

"Maksud diselenggarakannya pertemuan ini adalah meningkatkan pemahaman, pelaksanaan dan evaluasi PUG dalam rangka percepatan pembangunan responsif gender Provinsi Jatim," ujar One.

Adpaun forum diskusi ini diikuti oleh peserta sebanyak 60 orang yang diikuti oleh 1 orang  dari Bappeda/Bapeko diwilayah bakorwil Pamekasan, 2 orang dari dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten/kota diwilayah bakorwil Pamekasan, 2 orang dari  dinas komunikasi dan informasi kabupaten/ kota diwilayah bakorwil Pamekasan , 2 orang dari BPS kabupaten kota di wilayah bakorwil Pamekasan dan 2 orang dari bakorwil Pamekasan.