DP3AK Jatim Memberikan Apresiasi Di Peringatan Hari Jadi IWAPI Ke 48

  • Jumat, 17 Februari 2023 - 09:20:53 WIB
  • Administrator

MC, Surabaya- Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawangsa melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Pemprov Jatim Restu Novi memberikan apresiasi di peringatan Hari Jadi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Indonesia / IWAPI Jatim ke 48.

Restu Novi mengatakan bahwa IWAPI telah bersinergi dengan dinas DP3AK Jatim dalam program pemberdayaan ekonomi bagi perempuan binaan yang salah satunya komunitas ojek online.

“Apresiasi untuk pengusaha wanita Indonesia ini , Alhamdulillah sudah sangat Sinergi dengan DP3AK Jawa Timur, terutama di pemberdayaan ekonomi bagi teman-teman yang tergabung dalam Gaspol /gerakan sayang perempuan ojek online”. Terang Restu Novi.

“Dimana terdapat beberapa (anggota Gaspol) yang sudah dilatih, diberi rombong oleh iwapi dan dipastikan usahanya bisa berlangsung. Sehingga teman-teman ojol perempuan itu bisa mandiri dan bisa lebih sejahtera suatu saat nanti”. Lanjutnya.

Restu Novi berpesan agar setiap anggota Iwapi mendampingi serta melindungi perempuan yang rentan dan yang tidak mengalami keberuntungan.

“Diantaranya korban-korban kekerasan, single Mom , pekerja migran Indonesia yang perlu dilindungi setelah pulang dari tempat pekerjaannya”. Kata Restu Novi.

Restu novi pun berharap kedepannya Anggota Gaspol tersebut sudah mandiri dengan memiliki industri rumahan sendiri. Restu novi juga tidak lupa mengucapkan selamat hari jadi Iwapi ke 48 serta berharap Iwapi bisa lebih dikenal bukan hanya tingkat nasional tetapi juga di tingkat Internasional.

“Mudah mudahan ulang tahun Iwapi di 48, semakin Jaya , semakin mensejahterakan anggotanya, semakin mensejahterakan perempuan di Jawa Timur pada khususnya. Dan produk-produknya menjadi produk andalan tidak hanya di Jawa Timur tetapi di Indonesia dan seluruh dunia”. Tutup Novi

.Sebelumnya diberitakan bahwa Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Indonesia / IWAPI Jatim menggelar lomba memasak, karaoke serta fashion show dalam memperingati hari jadinya ke 48 di Grand City mall Surabaya pada Jumat 10 Februari 2023.

Dalam acara tersebut diikuti 30 grup lomba memasak, yang diwajibkan dengan olahan ikan. Selain terdapat pameran produk UMKM yang diikuti oleh puluhan anggota DPC Iwapi kota/kabupaten.

Susmiati Rahmawati ketua IWAPI Jatim mengatakan bahwa di usia IWAPI yang ke-48 tahun memiliki peran dalam mensukseskan ketahanan ekonomi Indonesia tahun 2023 dengan mewujudkan Indonesia maju.

“Yang artinya kita sudah waktunya untuk mencari jaringan dan memperluas jaringan CSR yang difokuskan untuk pengembangan. Jadi semua anggota ini sudah waktunya ekonomi sudah mulai bangkit”. Kata nya.

Dalam kegiatan tersebut IWAPI disupport Dinas Kelautan dalam mengadakan Lomba memasak olahan ikan. Hal tersebut sesuai dengan kampanye “gemar ikan” Pemprov Jatim.

“Kami di support dinas kelautan Jatim untuk menggalakkan masakan untuk bahan baku lomba serta untuk menggalakkan masakan untuk bahan bakunya ikan. Karena ikan ini ,untuk anak kecil masih langka untuk digemari ,supaya anak kecil itu bisa juga gemar makan ikan, karena itu untuk pertumbuhan badan anak kecil”. Lanjutnya.

“Dan Ini ajang untuk mengangkat kuliner yang ada di Jawa Timur, karena sebagian besar ada pengusaha kuliner di acara ini di jatim”. Terang Sumiati Rahmawati.

Selain itu Sumiati berharap kedepannya, bahwa IWAPI memiliki program meningkatkan keahlian SDM, membuka jaringan pemasaran seluas-luasnya dari segi marketing dan mempermudah kelembagaan pembiayaan dari segi finansial.

“Jadi artinya pemerintah sudah mulai support keberadaan anggota iwapi mulai dari kabupaten kota seluruh Indoneaia”. Tutupnya.

Selain itu ketua Panitia dalam acara tersebut Sukanti Swastika berharap pameran yang diselenggarakan saat ini produknya bisa akan dikenal oleh kalangan sendiri maupun umum.

“Semua pameran UMKM ini karena semuanya berawal dari UMKM jadi harapan kami yang saat ini pada pameran ini produk-produknya juga akan dikenal oleh kalangan kita sendiri dan umum”. Terang Sukanti.

Dalam kesempatan tersebut, IWAPI juga memberikan sumbangan 2 Buah mesin jahit kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus dan memberikan kesempatan memameekan karyanya.

“Kita akan memberikan kesempatan dan serahkan bantuan kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus, mereka akan menampilkan jahitannya kaitannya tersebut ya kita kan dan memberikam 2 buah mesin jahit, walaupun secara fisiknya kurang, tapi secara pikirannya mereka juga luar biasa”. Tutupnya.