64,09% Perempuan Jatim yang Bekerja Ada Di Usia Prima

  • Kamis, 5 Januari 2023 - 16:03:05 WIB
  • Administrator

Di rentang tahun 2019-2021, perempuan yang bekerja mayoritas berada dalam kategori usia prima sebesar 64,09 persen. Sementara itu, perempuan usia muda yang bekerja berkisar antara 11,11 persen.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur dalam laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 4 Januari 2023, tercatat bahwa perempuan usia muda yang bekerja tersebut termasuk juga mereka yang sedang bersekolah namun juga bekerja.

"Sedangkan persentase perempuan usia tua yang bekerja mulai menunjukkan sedikit penurunan dibandingkan dua tahun sebelumnya," ujar Dadang.

Ia menerangkan, penduduk yang bekerja dapat dikategorikan menurut kelompok usia, hal ini untuk melihat kontribusi pekerja muda (15-24 tahun), pekerja prima (25-54 tahun) dan pekerja tua (55 tahun ke atas) dalam dunia pasar tenaga kerja. Idealnya, sebagian besar penduduk yang bekerja dalam pasar tenaga kerja berusia prima.

"Adanya rasa tanggung jawab mencari nafkah untuk membantu ekonomi keluarga serta kebutuhan sosialisasi dan pengakuan dari masyarakat terkadang membuat penduduk usia muda dan tua ikut aktif bekerja," pungkas Dadang.