Rapat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur

Rapat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur
January 10, 2020 No Comments Uncategorized Author
Rapat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender DP3AK Jawa Timur

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat Perencanaan dan penganggaran responsif gender guna mengevaluasi kinerja pegawai DP3AK khususnya bagian Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA). Rapat berlangsung pada 10 Januari 2020 di ruang rapat Kartini DP3AK Jatim yang dihadiri Sutiah dari Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) sebagai narasumber, Diana Rimayanti Sekretaris Dinas P3AK Jatim, One Widyawati Kepala Bidang PUG dan PUHA DP3AK Jatim dan dihadiri oleh Kepala Seksi .


Dalam rapat tersebut Sutiah mengungkapkan bahwa perlunya persoalan yang mendukung suatu program yang turut didukung oleh pembahasan dalam Renstra dan perlunya sinergisasi antara eselon 3 mengenai program yang telah dilaksanakan kepada pegawai baru. Sehingga meskipun program berlaku 5 tahun tetap dapat menuju pada tujuan program. Dalam rapat tersebut membahas tentang Anggaran Responsif Gender (ARG).


Kepala bidang One Widyawati menyatakan bahwa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tidak hanya tugas bidang Gender saja melainkan tugas setiap bidang seperti Pemberdayaan Perempuan(PP), Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Kependudukan dan bidang lainnya. Setiap bidang memiliki data-data yang mendukung APE dan harapan ke depannya terdapat tim yang mendukung kelengkapan data untuk APE. Dengan adanya tim untuk mendukung APE maka akan lebih mudah dalam pengumpulan data dan lengkap dari sebelumnya. Selain adanya tim APE juga dibentuk tim untuk penilaian KLA pada tahun ini.


Dalam rapat juga dijelaskan Matrik Lembar Kerja Gender Analysis Pathway (GAP) Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender dalam Pembangunan dan terdapat 9 kolom/ langkah. Kolom 1 sampai kolom 9 seluruhnya berkaitan sehingga dikerjakan satu-persatu. Tidak dapat dikerjakan secara acak.

Tentang Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat