You are here: Home

RAPAT FORUM KOMUNIKASI MENYONGSONG PILKADA SERENTAK TAHUN 2018 DI JAWA TIMUR

Published in Dukcapil
Written by  08 December 2017
Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan kegiatan rapat di Hotel Mercure Surabaya pada tanggal 05 -06 Desember 2017 dengan Bawaslu dan KPU tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 90 orang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur tersebut telah dihadiri oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Prof. Dr.Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, SH, MH dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin, M.PdI. 

Acara yang digelar secara diskusi panel dan dimoderatori oleh Drs. Suko Widodo, MA, Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Airlangga tersebut, , Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Prof. Dr.Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH menyampaikan beberapa point penting yang intinya agar KPU dan Dispendukcapil di daerah saling melakukan koordinasi, seperti halnya di Pusat, yaitu adanya Sinkronisasi DP4 dan DPT (KPU berkoordinasi dengan Kemendagri) yaitu untuk memastikan data yang diserahkan KPU Pusat kepada KPUD Kab/Kota sebagai data pemilih  yang telah dimutakhirkan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, Sedangkan Bawaslu berupaya agar mampu menekan potensi permasalahan dalam hal validasi dan akurasi DPT yang terintegrasidengan Data SIAK dengan melakukan kebijakan pengawasan pada daftar pemilih agar kredibel dengan melakukan langkah-langkah teknis lain yang mampu menjamin keakuratan daftar pemilih melalui  mekanisme pengawasan penyusunan data dan pemutakhiran data pemilih.

Melalui Rakor ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur mengharapkan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten/Kota dapat mempersiapkan data kependudukan dengan baik menjelang Pilkada serentak Tahun 2018, agar tercipta sinkronisasi antara Pemerintah, Komisi Pemilihan Umum serta Badan Pengawas Pemilu

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download