You are here: Home

PERSIAPAN LIKUIDASI ENTITAS AKUNTANSI PENERIMA DANA DEKONSENTRASI DAN TUGAS PEMBANTUAN SE-JATIM

Published in Dukcapil
Written by  03 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Dana Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun 2017 diupayakan agar yang telah tertuang dalam Petunjuk Teknis Dokumen Rencana Kerja Anggaran sesuai dengan menu program dan kegiatan sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2016 dan penggunaan anggarannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof.Dr.Zudan Arif Fakhrulloh, SH,MH mengenai Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Dana Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun 2017.

Untuk mendukung kebijakan diatas serta sebagai tindak lanjut dari surat Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Nomor. 005/11435/DUKCAPIL.SES tanggal 20 September 2017 tentang Penyelenggaraan Rakor/Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Daerah dalam rangka persiapan likuidasi entitas akuntansi penerimaan dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan, untuk itu Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Rakor Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Daerah Persiapan Likuidasi Entitas Akuntansi Penerima Dana Dekonsentrasi/Tugas Pembantuan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur pada tanggal 30 Oktober 2017 sampai 01 Nopember 2017 bertempat di Crown Prince Hotel Surabaya dengan mengundang  Kepala Dinas, Pengelola DAK Tahun ini, Pengelola Keuangan Tahun Kemarin dan Pengurus Barang Tahun Kemarin dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Hadir sebagai narasumber dalam Rakor diatas adalah Tim dari Bagian Perencanaan dan Bagian Keuangan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, yaitu : Ahmad Ridwan,SE, M.Si sebagai Kasi Wilayah B, Anggi Reza Arrahman, SSTP, sebagai Analis Data Penyusunan Program dan Anggaran serta Sutejo Budiono sebagai Pengolah Akuntansi dan Pelaporan.

Hal yang menjadi Dasar Hukum Pelaksanaan Likuidasi Entitas Akuntansi Penerima Dana Dekonsentrasi/Tugas Pembantuan Kabupaten/Kota se-JawaTimuradalahPeraturanMenteriKeuangan No. 48/PMK.05/2017tentangPelaksanaan Likuidasi Entitas Akuntansi dan Entitas Pelaporan Pada Kementerian Negara/LembagadanPERMENDAGRI No. 53 Tahun 2017 (Pasal 72)Tentang  Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Dan Anggaran Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.AdapunartidariLikuidasi adalah tindakan penyelesaian seluruh aset dan kewajiban sebagai akibat pengakhiran/pembubaran entitas akuntansi dan entitas pelaporan pada Kementerian/Lembaga.

Terkait dengan kegiatan diatas, maka Pemerintah Provinsi JawaTimur dan seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-JawaTimur menyambut baik kebijakan tersebut di atas, dengan tetap mengedepankan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di daerahnya terhadap adanya dukungan anggaran yang diberikanolehPemerintahPusat.

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download