You are here: Home

PENGUATAN KABUPATEN KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI JAWA TIMUR

Published in PUG&PUA
Written by  17 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Dalam rangka persiapan Evaluasi KLA Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak RI Deputi Tumbuh Kembang Anak Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI  mendorong  Jatim untuk mempersiapkan diri  melalui penyelenggaraan kegiatan “Percepatan Kabupaten Kota Layak Anak Se Jatim Menuju Indonesia Layak Anak  Tahun 2030”. Pertemuan ini  dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Nopember 2017 di Hotel Novotel Jl. Raya Ngagel 173 – 175 tahun 2017 di Surabaya,  yang dibuka secara resmi oleh Bapak Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra setda Provinsi Jawa Timur. Pertemuan ini  diikuti oleh 5 instansi dari Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DP3A dan Dinas Sosial dari seluruh Kab/Kota di Jawa Timur dan 19 OPD terkait Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan dan arahan  beliau disampaikan bahwa Kebijakan pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) mengacu pada Undang – undang no 35 Tahun 2014 tentang perubahan Undang-Undang no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak yang mengamanatkan bahwa pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggungjawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak  didaerahnya melalui upaya daerah membangun kabupaten/kota layak anak yang memenuhi 5 kluster dan 24 indikator KLA dimana 24 indikator tersebut tersebar disemua sektor Pembangunan Pemerintah Daerah.

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, lembaga masyarakat, media massa, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh  dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Dalam Pengembangan KLA  pada kegiatan “Percepatan Kabupaten Kota Layak Anak Se Jatim Menuju Indonesia Layak Anak  Tahun 2030” dimaksudkan untuk membangun inisiatif pemerintah Kabupaten/Kota yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the child) dari kerangka hukum kedalam difinisi, strategi serta intervensi pembangunan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak anak  dan perlindungan khusus  anak pada wilayah Kabupaten/Kota.

Jawa Timur Tahun 2017 sudah mendapatkan penghormatan sebagai provinsi pengerak Kabupaten/Kota Layak Anak dengan jumlah Kabupaten/Kota  Layak Anak sebanyak 27 Kabupaten/Kota dalam berbagai katagori yang berbeda. Pertemuan dimaksud adalah untuk mendorong Jawa Timur agar lebih bersemangat menyelenggarakan kegiatan kegiatan untuk pemenuhan hak anak sehingga tahun 2018 diharapkan bisa tercapai PROVILA  (Provinsi Layak Anak) dengan 38 Kabupaten/Kota  tercapai semua.

Melalui pertemuan ini juga diharapkan sektor-sektor terkait dapat memahami dan melaksanakan sesuai tupoksinya masing-masing dalam penyelenggraan pemenuhan hak anak. Dinas P3AK Provinsi Jawa Timur sangat berterimakasih atas dukungan KPPPA terhadap penyelenggaraan pertemuan ini, karena anggaran di DP3AK sendiri belum memadai untuk menyelenggarakan pertemuan seperti ini. 

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download