You are here: Home

PERTEMUAN DATABASE PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KEPENDUDUKAN SEBAGAI PENUNJANG PUSAT DATA PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2017

Published in PUG&PUA
Written by  08 November 2017
Rate this item
(0 votes)

Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional mengamanatkan kepada seluruh kementerian/lembaga dan daerah untuk melaksanakan pengarusutamaan gender guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional. 

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 6 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Data Gender dan Anak yang dibutuhkan untuk melihat kesetaraan gender dalam mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam pembangunan.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Data Gender Dan Anak, pasal 3 menyebutkan bahwa Pedoman Penyelenggaraan Sistem Data Gender Dan Anak dimaksudkan sebagai acuan bagi Kementerian / Lembaga Dan Pemerintah Daerah dalam menyediakan dan memanfaatkan data terpilah untuk Perencanaan, Penyusunan, Pelaksanaan, Pemantauan, Evaluasi Dan Pelaporan Kebijakan/Program/Kegiatan Pembangunan Yang Responsif Gender Dan Peduli Anak.

Dalam rangka mendukung tersedianya dan pemanfaatan data terpilah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menerbitkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor :188/679/Kpts/013/2013 Tentang Forum Data Terpilah Provinsi Jawa Timur, yang beranggotakan seluruh SKPD Provinsi Jawa Timur.

Dari penerapan pengarusutamaan gender melalui perencanaan penganggaran responsif gender, Data Terpilah merupakan data pembuka wawasan yang perlu dianalis terhadap program dan kegiatan pada masingmasing OPD namun demikian tidak semua OPD tersedia data terpilah. Sedangkan  data terpilah tersebut merupakan unsur dasar yang mengungkapkan isu gender karena pemberlakuan ketidakadilan atas dasar jenis kelamin.

Dalam upaya meningkatkan ketersediaan data gender dan anak perlu dukungan dan partisipasi serta komitmen yang tinggi dari semua OPD untuk menyediakan  data terpilah tersebut. Untuk itu telah dilaksanakan “ Pertemuan  Database Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Kependudukan Sebagai Penunjang  Pusat Data Provinsi Jawa Timur Tahun 2017”

 

Adapun Tujuan pertemuan  tersebut adalah

1.      Khusus : Meningkatkan peran peserta  dalam upaya penyediaan  data terpilah  untuk melihat kesetaraan gender dalam pembangunan di Jawa Timur

2.      Umum

a.   Menyusun Kembali SK Gubernur tentang Forum Data Terpilah Provinsi Jawa Timur

b.   Menyepakati data-data yang di input dari masing-masing OPD sesuai tugas pokok dan  fungsi OPD

Pertemuan tersebut yang dilaksanakan pada hari  Selasa tanggal 6 November 2017 bertempat di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Jalan Ngagel Jaya Tengah No.102 Surabaya dan dihadiri oleh 40 peserta dari OPD Provinsi Jawa Timur.  Beberapa hal yang telah disepakati antara lain :

1. Perbaikan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor :188/679/Kpts/013/2013 Tentang Forum Data Terpilah Provinsi Jawa Timur, yang beranggotakan seluruh OPD Provinsi Jawa Timur karena adanya perbedaan nomenklatur OPD sesuai Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor :83/Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta tata kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindunagn Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

2.   Pengumpulan Data Terpilah dari masing-masing OPD yang akan ditindak lanjuti sebagai data terpilah Tahun 2018.

3. Diharapkan dengan adanya data terpilah yang dikumpulkan OPD akan mempermudah dalam menganalisis kesenjangan gender dimasing-masing OPD.

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download