You are here: Home

WORKSHOP DAN PENYELARASAN RENSTRA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SE JAWA TIMUR TAHUN 2017

Published in Sekretariat
Written by  17 October 2017
Rate this item
(0 votes)

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur melalui Dana Dekon dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia mengadakan Kegiatan Workshop dan Penyelarasan Renstra Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3AK) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur Tahun 2017.

Kegiatan Workshop dan Penyelarasan Renstra diikuti oleh kurang lebih 100 orang dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak  (PPPA) Provinsi dan Kabupaten/ Kota se      Jawa Timur.

Workshop dan Penyelarasan Renstra dibuka oleh Ibu Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, One Widyawati, SKM, MKes  di Hotel Aria Surabaya, tanggal 21 Agustus 2017.

Workshop dan Penyelarasan Renstra Dinas PP-PA Provinsi dan Kabupaten/Kota se Jawa Timur diselenggarakan dalam rangka penyelarasanan Renstra Kementerian PP-PA dengan renstra Dinas PPPA Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tujuan workshop ini adalah supaya  mengampu urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak bias menyusun Renstra  yang mengacu pada tujuan, sasaran strategis dan indikator kinerja utama, arah kebijakan dan strategi, dan target kinerja yang terkait dengan urusan PPPA

Workshop dan Penyelarasan Renstra dilaksanakan selama 4 (empat) hari. Pada hari pertama peserta mendapatkan materi tentang Kebijakan PPPA yang disampaikan oleh Kabag Perencanaan Kementrian KPPA yaitu Bp. Fakih Usman, S.Sos, ME.
Selanjutnya materi Renstra di sampaikan oleh Tim Fasilitator dari PLSP Semarang yang dipimpin oleh Bp. Gunarto. Tim ini telah ditunjuk sebagai Tim Fasilitator Nasional yang mendampingi penyusunan Renstra PPPA di seluruh Indonesia.

Melalui Kegiatan ini  Dinas PPPA Provinsi dan Kabupaten/Kota diharapkan sudah menyusun konsep Rentsra PPPA daerah  yang selaras dengan Renstra Kementrian  yang mengacu kepada Pembagian Urusan yang Konkuren antara pemerintah Pusat dan daerah yang tertuang dalam Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Adapun 6 Urusan PPPA dalam Undang Undang No 23 tahun 2014 tersebut , yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah yaitu : 1)  Kualitas Hidup Perempuan; 2) Perlindungan Perempuan; 3) Kualitas Keluarga; 4) Sistem data gender dan anak; 5) Pemenuhan Hak Anak dan,  6) Perlindungan Khusus Anak.

Namun demikian oleh karena banyaknya perbedaan nama dan nomenklatur Dinas PPPA di daerah yang bergabung dengan urusan  Pengendalian Penduduk  dan KB atau dengan urusan Kependudukan Catatan Sipil atau dengan urusan Pemberdayaan masyarakat dan lainnya, maka pada pertemuan ini urusan-urusan tersebut tetap diberikan pemahaman dan pendampingan oleh Tim Fasilitator  untuk menyusun berdasarkan Jenis  dinas di masing – masing daerah sesuai banyaknya urusan yang di mampu

Mulai hari pertama sampai hari keempat peserta mengikuti dengan antusias materi-materi yang disuguhkan oleh Narasumber yang dipandu juga dengan para Tim Fasilitator. Workshop ini  ditutup tepat pada hari keempat tanggal 24 Agustus 2017, dan  para peserta Workshop telah membawa konsep renstra  sekaligus beberapa tindak lanjut yang harus dilengkapi sebagai  pekerjaan rumah para peserta dalam upaya  menyusun Renstra Perangkat Daerah pengampu Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang selaras dengan ketentuan yang berlaku agar diterapkan pada Dinasnya masing-masing baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download