You are here: Home

PELAKSANAAN KINERJA PEGAWAI DAN TATA NASKAH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TIMUR 25 – 26 Agustus 2017

Published in Sekretariat
Written by  17 October 2017
Rate this item
(0 votes)

Peningkatan kinerja pegawai sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu parameter untuk memperbaiki manajemen pengelolaan ASN sehingga tercapai reformasi birokrasi yang profesional dalam rangka mewujudkan Good Governance. Pengembangan kompetensi pegawai sebagai salah satu upaya dalam tercapainya reformasi perlu memaksimalkan kinerja lebih baik untuk  menjalankan tugas dan fungsinya. Demikian juga ASN yang profesionalis, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik KKN merupakan mutu yang diharapkan dalam meningkatkan kinerja pegawai. 

Peningkatan kinerja pegawai sangan dibutuhkan di linkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan Kependudukan (P3AK) sebab itu telah diselenggarakan Pertemuan Peningkatan Kinerja Pegawai dan Tata Naskah Dinas P3AK di Hotel Royal Orchid Garden, Batu, tanggal 25 – 26 Agustus 2017. Kegiatan iin dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur,  One Widyawati, SKM, M.Kes.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan  dengan materi tentang Tata Naskah Dinas Provinsi Jawa Timur oleh Biro Oganisasi Setda Provinsi Jawa Timur. Dalam paparannya menerangkan bahwa Naskah Dinas dirumuskan dalam susunan dan bentuk produk hukum terdiri dari dari : (a) Peraturan Gubernur, (b) Peraturan Gubernur, (c) Peraturan Bersama Gubernur dan (d) Keputusan Gubernur. Selain itu dijelaskan pula bagaimana penulisan Tata Naskah Dinas dan dimana tempat pembubuhan paraf secara hirarkhi serta penggunaan a.n., u.b., Plt., Pj, PJ dan PTH.
Adapun Peraturan yang mendasari masih tetap mengacu pada Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 113 Tahun 2010 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Melalui materi ini diharapkan para pegawai dapat memahami  mekanismea dan standar operasional penulisan Tata Naskah yang baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku tersebut.
Disamping itu untuk meningkatkan Kinerja pegawai  dalam pertemuan ini juga diberikan materi tentang Kinerja  oleh  Motivator Kolonel Laut (KH) Ari Yudha Kartika dari Dinas Psikologi TNI AL Provinsi Jawa Timur.   Materi ini dimaksud untuk memotivasi, mengingatkan dan memberikan semangat para pegawai ASN untuk dapat mengintrospeksi dan memperbaiki diri dalam upaya peningkatan  kinerja pegawai  Dinas P3AK.  Materi ini sangat menarik karena semua peserta dapat menyampaikan pertanyaan – pertanyaan terkait tugas dan fungsinya serta menggugah motivasi peserta dikaitkan dengan tanggungjawab pribadi sebagai insan yang beragama.


Sebagai acara penutup pada hari terakhir  dilaksanakan kegiatan outbond. Outbond ini dimaksudkan untuk   membangun kerjasama, koordinasi,  disiplin dan kekompakan antar pegawai di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. Outbond diisi dengan permainan permainan kekompakan, permainan kerjasama antara lain seperti baris berbaris, tebakan lingkaran,  kebersamaan klompen, nyunggi tempe dll

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download