You are here: Home

FORUM ANAK PROVINSI JAWA TIMUR 2017

Published in PPA
Written by  02 May 2017
Rate this item
(0 votes)

Dinas Permberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur pada tanggal  25 dan 26 Maret 2017 mengadakan  “ FORUM ANAK PROVINSI JAWA TIMUR 2017 “.  Forum  Anak Provinsi Jawa Timur diselenggarakan sebagai salah satu komitmen pemerintah untuk menfasilitasi terpenuhinya hak partisipasi anak. Partisipasi anak merupakan keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan, implementasi dan monitoring yang berhubungan dengan anak dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman dan kemauan bersama sehingga anak menikmati perubahan hasil keputusan tersebut. Penyelengaraan partisipasi anak dapat dilakukan diberbagai lingkungan anak mulai dari keluarga, masyarakat, lingkungan sekolah hingga negara.

Forum Anak merupakan kegiatan resmi bagi anak untuk menyampaikan pendapatnya berkaitan dengan permasalahan pemenuhan hak anak yang akan ditindaklanjuti dengan bentuk penyampaian rekomendasi.

Dasar pemenuhan hak partisipasi anat tertera dalam Undang Undang RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 4 yang berbunyi “SETIAP ANAK BERHAK UNTUK DAPAT HIDUP, TUMBUH, BERKEMBANG DAN BERPARTISIPASI SECARA WAJAR SESUAI DENGAN HARKAT DAN MARTABAT KEMANUSIAAN, SERTA MENDAPAT PERLINDUNGAN DARI KEKERASAN DAN DISKRIMINASI”.

Dalam Konvensi Hak Anak yang telah diratifikasi oleh Indonesia disebutkan bahwa kewajiban negara peserta adalah dalam menjamin pemenuhan hak partisipasi anak. Pasal 2 ayat 1 dalam Konvensi Hak Anak menyebutkan “ Negara-Negara Pihak harus menjamin bagi anak yang mampu membentuk pendapatnya sendiri, hak untuk mengutarakan pendapat-pendapat tersebut dengan bebas dalam semua masalah yang mempengaruhi anak itu, pendapat-pendapat anak diberi bobot yang semestinya sesuai dengan umur dan kematangan anak”

Sehingga dengan penyelenggaraan Forum Anak diharapkan akan diperoleh cara pandang anak untuk memberikan masukan pada stakeholder yang menentukan kebijakan pembangunan di Jawa Timur dan memberikan kontribusi dalam pembangunan Nasional. Bentuk partisipasi anak menurut Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 13 Tahun 2011, adalah :

¤ KONSULTASI,                 DIMANA MERUPAKAN INISIASI ORANG DEWASA

¤ PARTISIPASI,                 MERUPAKAN INISIASI ANAK BERSAMA DENGAN ORANG DEWASA

¤ SWA PRAKARSA,            MERUPAKAN INISIASI ANAK

Dalam implementasi pemenuhan hak anak seringkali orang dewasa tidak memahami bagaimana harus melakukan peran secara tepat dalam memfasilitasi partisipasi anak sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Anak sering melakukan sesuatu tanpa mengerti tujuannya atau diperalat oleh orang dewasa berkedok hak anak. Persoalan lainnya dapat terjadi proses penyampaian pendapat telah dilakukan dengan tepat, namun tidak mendapatkan respon dari penanggungjawab termasuk penentu kebijakan dipemerintahan.

Untuk itu maka Forum Anak Provinsi Jawa Timur dapat menjadi model penyelenggaraan Konggres Anak di Kabupaten/Kota serta ajang sharring bagi aktifis anak untuk belajar mengadvokasi hak mereka secara sistematis dan strategis dengan memahami langkah-langkah dan kebutuhan diskusi antar anak.

Adapun para narasumber yang dihadirkan adalah :

1. Drg. SULISTIWOELANDARI  dari Dinas P3A dan Kependudukan Prov. Jatim, yang membawakan materi  Kesehatan Reproduksi Remaja

2. SUNARTO AGUNG LAKSONO ( LPA ) JATIM dengan materi Perlindungan Diri dan Teman Sebaya dari Dampak Buruk Media Sosial

3. IDEALITA dari IDEA FOTOGRAFI dengan materi TEHNIK-TEHNIK FOTOGRAFI DAN EDITING

PESERTA FORUM ANAK PROVINSI JAWA TIMUR BERJUMLAH 114 ORANG DARI KABUPATEN/KOTA DISELURUH JAWA TIMUR

FASILITATOR YANG DIHADIRKAN DARI  :

1. LPA TULUNGAGUNG IBU WINNY ISNAENI

2. BAPAK NANANG A. CHANAN DARI YAYASAN PLATO SURABAYA

Formulir Permohonan Informasi

        Download                                                                                                                          Download