Rapat Koordinasi PUSPA “Gayatri” Terkait Rencana Kegiatan Tahun 2020 Terutama Di Desa Kepuh Kiriman Sidoarjo

  • Selasa, 28 April 2020 - 23:35:11 WIB
  • Staf Operator
Rapat Koordinasi PUSPA “Gayatri” Terkait Rencana Kegiatan Tahun 2020 Terutama Di Desa Kepuh Kiriman Sidoarjo

Partisipasi Publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak (PUSPA) Gayatri merupakan forum di Provinsi Jawa Timur pada sektor pemberdayaan perempuan dan anak. Dalam rapat koordinasi PUSPA Gayatri tersebut di buka oleh Rofie Narulita sekretaris PUSPA Gayatri dan dalam rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Pokja Anak, Pokja Masyarakat, Pokja Perempuan. Pembahasan rapat kali ini tentang kegiatan PUSPA Gayatri di tahun 2020. Itu merupakan topik dari diskusi para sukarelawan yang dilaksanakan di ruang rapat Kartini Dinas P3AK Jatim pada hari Jum’at (23/01).

Indarsyah Chalifayanti sebagai wakil ketua I PUSPA menyatakan bahwa saya berharap PUSPA Gayatri tidak hanya di miliki Dinas P3AK saja melainkan Dinas lain yang bersinergi dan berkerjasama dengan PUSPA Gayatri. Dengan adanya kerjasama antar Dinas mampu mengembangkan dan memperkenalkan PUSPA Gayatri. “Saya ingin kita menguplek Desa Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo pada pokja Anak seperti Peraturan Desa (PERDES), rumah curhat, Forum anak. Kemudian pada Pokja perempuan saya berkeinginan memberikan pelatihan sentra makanan yang berasal dari sumber daya alam, akssesoris yang berasal dari kain perca”  ujar Indarsyah Chalifayanti. Dengan adanya program yang direncanakan mampu memberikan keterampilan dan mengurangi tingkat kekerasan pada perempuan dan anak di Desa Kepuh Kiriman kecamatan Waru, Sidoarjo.

Dipilihnya Desa Kepuh Kiriman Kecamatan Waru karena dilihat dari data kekerasan pada perempuan dan anak di Jawa Timur masih sangat tinggi di Desa tersebut. PUSPA Gayatri pada tahun 2018 berkesempatan memilih satu Desa satu Kecamatan untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak. Berbagai program diharapkan tidak terdapat kesenjangan perempuan dan laki-laki.

Namun PUSPA Gayatri belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama di Provinsi Jawa Timur. Padahal dibentuknya forum PUSPA Gayatri bertujuan menyetarakan gender terutama mengakhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan dan mengakhiri ketertinggalan perempuan dalam politik. Untuk memperkenalkan PUSPA Gayatri para sukarelawan berencana untuk lebih aktif dalam acara-acara tertentu seperti membuka stand di event Surabaya Fun Run yang akan diadakan pada 2 Februari 2020. Mereka akan mendirikan stand sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat tentang PUSPA Gayatri.

A.W.U – UPN

  • Selasa, 28 April 2020 - 23:35:11 WIB
  • Staf Operator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait